Rabu, 14 November 2018

Jangan Sampai Menyesal, Segera Bawa Pulang Jika Temukan Tanaman Ini di Semak !



Tanaman harendong, memang tanaman ini tidak banyak yang mengetahuinya. Tanaman haerndong ini banyak ditemukan di daerah perkampungan, dan biasanya tanaman harendong ini hanya tumbuh di daerah yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup, seperti di lereng gunung, daerah-daerah semak belukar yang tidak terlalu lebat, dan lain sebagainya.
Tanaman harendong atau juga dikenal dengan sebutan Senggani ini banyak orang yang menjadikannya sebagai lalapan nasi serta sambal, itu karena rasanya yang begitu enak dan baunya yang sangat khas.


Ternyata dibalik rasanya yang enak dan baunya yang sangat kas tersebut, tanaman harendong ini juga kaya akan manfaatnya loh.
Seperti yang dilansir www.deherba.com (13/08/2018) inilah tanaman yang ditemukan di dalam semak belukar yang bermanfaat bagi kita.
1. Pengobatan Sariawan
Tanaman Harendong bermanfaat sebagai obat sariawan loh. Caranya, yaitu dengan daun Harendong dicuci terlebih dalulu. Selanjutnya daun tersebut dibilas menggunakan air matang atau air yang hangat. Setelah dibilas daun Harendong ini lalu di kunya dengan dicampur sedikit garam serta telan daun Harendong ini.
Kalian cukup menggunakan dua lembar daun Harendong ini, yang sudah dicuci bersih dan juga dibilas dengan menggunakan air yang matang atau air yang hangat guna untuk melunakkan terstur daun tersebut.
2. Pengobatan Bisul
Tidak hanya untuk mengobati sariawan saja loh, daun Harendong ini juga dapat mengobati bisul. Yaitu dengan merebus daun Harendong sampai air rebusannya tinggal sedikit. Air dari rebusan tersebut bisa diminum, lalu ampasnya tersebut diletakkan pada bisul. Selanjutnya balutlah agar daunnya tidak berantakan.
Caranya, yaitu dengan menyiapkan 50 gram daun Harendong yang sudah dicuci bersih, lalu direbus. Tunggulah sampai air rebusannya berubah menjadi warna pekat, lalu matikan api dan hidangkan. Ampas daun Harendong ini diletakkan pada bisul.
3. Pengobatan Diare
Daun Harendong ini juga bermanfaat sekali untuk mengobati diare. Kalian hanya cukup menyiapkan daun Harendong muda i genggam, tiga lembar daun Sembung serta buah Manggis sebanyak 5 gram.
Bahan-bahan tersebut dicuci bersih dan selanjutnya direbus dengan menggunakan air sebanyak 1 setengah gelas air bersih hinga tersisa setengah gelas saja. Setelah airnya itu dingin, saringlah untuk kemudian diminum sebanyak 3 kali setiap harinya.
4. Pengobatan Keputihan
Nah, untuk kalian-kalian yang sering keputihan gunakanlah tanaman Harendong ini. Caranya kalian hanya cukup menediakan dua genggan daun Harendong, berikut Bangle dan Jahe seukuran ibu jari.
Itulah beberapa manfaat serta khasit dari tanaman Harendong bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar